Jadwal SIM Keliling dan Samsat Keliling (STNK) Bekasi

Jadwal SIM Keliling dan Samsat Keliling (STNK) Bekasi

Bekasi adalah salah satu kota di Jawa Barat yang ramai kendaraan. Di sini, terdapat berbagai macam pabrik dan perusahaan di mana menjadi tujuan mencari nafkah beberapa warga dari seluruh Indonesia. Ya, ini adalah kota metropolitan. Maka sangat wajar jika kita menjumpai kendaraan motor berseliweran di jalan raya dalam jumlah yang cukup padat. Banyak pengguna sepeda motor dan mobil pribadi di Bekasi. Sehingga jumlah polusi udara di sini cukup padat. Jika Anda tidak menggunakan alat pelengkap dan keamanan berkendara, bisa saja akan mengalami sesak nafas.

Maka sangat penting bagi kita untuk selalu memerhatikan keamanan berkendara. Saat mengendarai sepeda motor, kita perlu menggunakan helm, masker, sarung tangan, sepatu dan lain sebagainya. Saat mengendarai mobil, kita harus selalu fokus pada jalanan, jangan mengangkat telepon, menggunakan sabuk pengaman dan lain-lain. Selain memenuhi kelengkapan keamanan berkendara, Anda juga harus melengkapi surat-surat berkendara.

Surat-surat kendaraan adalah hal yang sangat penting dan harus selalu ada saat Anda bepergian dengan motor ataupun mobil. Surat-surat berkendara tersebut merupakan identitas pengendara. Jika tidak memilikinya, ada kemungkinan terkena tilang, sanksi dan denda. Adapun surat-surat kendaraan yang harus selalu dibawa saat berkendara adalah SIM dan STNK. Kedua surat ini sangat penting. Tanpa keduanya, Anda bisa terkena masalah yang cukup pelik. Bahkan bisa sangat merugikan jika tidak ada salah satunya.

Untuk mengendarai kendaraan bermotor secara legal, maka sudah seharusnya bagi kita untuk memiliki surat izin mengemudi atau SIM. SIM didapatkan melalui ujian teori dan praktis di kantor kepolisian setiap daerah. Ada beragam risiko jika tidak memiliki SIM atau STNK. Adapun risikonya adalah terkena tilang, terkena denda, terkena sanksi, was-was saat berkendara, dan bahkan bisa mengakibatkan kecelakaan karena merasa was-was tadi.

Berkendara secara aman tidak hanya memenuhi peralatan keamanan seperti memakai helm, sarung tangan dan lain sebagainya. Tetapi memiliki SIM dan STNK pun bisa membuat Anda berkendara dengan aman dan nyaman. Anda tidak akan khawatir atau was-was saat melewati operasi polisi lalu lintas. Dan Anda tidak akan khawatir terkena sanksi dan denda. Biasanya, pengendara yang tidak memiliki SIM adalah anak-anak atau remaja yang sudah diizinkan oleh orangtuanya mengendarai sepeda motor. Dan tidak sedikit pula remaja yang menimbulkan berbagai masalah saat berkendara karena tidak memiliki kemampuan berkendara yang mumpuni dan standar. Akibatnya, terjadilah kecelakaan.

Banyak pengendara yang tidak memiliki surat izin mengemudi (SIM), sebagian besar masyarakat Indonesia juga tidak membayar pajak kendaraan tepat waktu. Perpanjangan SIM dan STNK sering terlambat. Hati-hati, Anda bisa kena tilang, sanksi dan denda kapan saja di jalan raya. Oleh karena itu, segera miliki SIM dan ikuti aturan lalu lintas. Selain itu, lakukan perpanjangan SIM dan STNK dengan tepat waktu. Kini, Anda harus ikut tes lagi saat terlambat melakukan perpanjangan SIM lho.

Jadwal SIM Keliling dan Samsat Keliling (STNK) Bekasi

Apakah Anda ingin melakukan perpanjangan SIM dan STNK? Tidak perlu bingung dan susah. Kini di Bekasi sudah ada pelayanan SIM keliling dan Samsat keliling (STNK) di berbagai lokasi. Cara ini akan sangat memudahkan Anda saat sibuk bekerja tetapi juga ingin melakukan perpanjangan SIM dan STNK. Di beberapa lokasi, ada pelayanan samsat keliling hingga malam hari.

Samsat keliling melaksanakan pelayananannya di berbagai lokasi dan waktu tertentu. Jadi, samsat keliling Bekasi tidak hanya melayani di satu tempat saja. Nantinya, samsat keliling akan berpindah-pindah tempat sesuai jadwal yang berlaku. Bagi Anda yang berada di Bekasi, berikut ini adalah jadwal SIM keliling dan Samsat keliling (STNK) Bekasi terbaru. Anda bisa mempersiapkan diri untuk melakukan perpanjangan SIM dan STNK setelah urusan pekerjaan atau aktivitas lain. Tetapi ingat, Anda harus tepat waktu karena ada batas jam operasional pelayanan SIM keliling dan samsat keliling STNK Bekasi. Dan berikut ini adalah jadwal SIM keliling dan samsat keliling (STNK) Bekasi saat ini.

  • Senin

Parkir Timur Blu Plaza, Jl. Cut Muria Raya Bekasi Timur, pukul 09:30 – 12:00

  • Selasa

BKPM Jatiasih, Jl. Jatiasih Raya, pukul 09:30 – 12:00

  • Rabu

Carrefour Harapan Indah, Jl. Raya Harapan Indah Medan Satria, pukul 09:30 – 12:00

  • Kamis

Polpos Jatibening, Jl. Raya Caman Pondok Gede, pukul 09:30 – 12:00

  • Jumat

Masjid Al-Ittihad, samping Polsek, Jl. Siliwangi Bantarr Gebang, pukul 09:30 – 12:00

Itulah jadwal pelayanan SIM keliling dan STNK melalui samsat keliling. Jangan sampai Anda terlambat datang jika ingin melakukan perpanjangan. Dan perlu diingat, jangan melakukan perpanjangan SIM atau STNK di hari masa berlaku habis. Jika terlambat pada hari itu juga, maka Anda harus mengikut tes berkendara untuk mendapatkan SIM baru kembali.

Persyaratan Perpanjang SIM Keliling dan Samsat Keliling (STNK) Bekasi

Sebelum Anda datang ke samsat keliling untuk melakukan perpanjangan SIM dan STNK, terlebih dahulu siapkan persyaratan yang dibutuhkan. Layanan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) keliling memang dibentuk agar bisa memperlancar berbagai urusan surat-surat kendaraan bermotor seperti perpanjangan SIM dan STNK, tetapi Anda juga harus tahu waktu operasional dan persyaratannya dengan baik. Sehingga Anda akan nyaman saat datang di samsat keliling untuk melakukan perpanjangan surat-surat berkendara. Adapun persyaratan diperlukan untuk memperpanjang SIM adalah:

1. Fotokopi e-KTP domisili 3 lembar

2. Membawa SIM asli

3. Pemohon melakukan perpanjangan SIM sepekan sebelum masa berlaku

4. Pulpen. Karena ramainya lokasi perpanjangan SIM, Anda harus membawa pulpen sendiri dari rumah.

Selain itu, biaya yang perlu Anda bayarkan pada saat melakukan perpanjangan SIM sesuai dengan PP Nomor 60 Tahun 2016 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak, yaitu:

1. SIM A : Rp 80.000

2. SIM C : Rp 75.000

3. Plus biaya cek kesehatan + asuransi

Kemudian pada perpanjangan STNK di samsat keliling, Anda hanya bisa melakukan perpanjangan STNK untuk perpanjangan satu tahun. Anda tidak bisa melakukan perpanjangan STNK lima tahunan. Jika tetap ingin melakukannya, Anda hanya bisa melakukan perpanjangan ini di samsat induk. Dan adapun persyaratan perpanjangan STNK adalah sebagai berikut:

1. E-KTP asli dan fotokopi

2. STNK asli dan fotokopi

3. BPKB dan fotokopinya untuk jaga-jaga.

4. Membawa pulpen sendiri. Ada kemungkinan samsat keliling ramai penyetor.

Sebagai catatan yang perlu diingat saat akana melakukan perpanjangan SIM melalui SIM keliling, pelayananan SIM Keliling dibuka dari pukul 10:00 s/d 13:00 WIB. Dan demikian itulah jadwal SIM keliling dan Samsat keliling (STNK) Bekasi yang bisa Anda perhatikan. Silakan kunjungi di waktu luang dan jangan sampai mepet masa habis berlakunya agar terhindar dari risiko lain yang tidak menyenangkan. Jangan lupa untuk melengkapi persyaratannya. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*